Cari Blog Ini

Jumat, 29 Januari 2010

merebut perhatian Yesus

Merebut Perhatian Yesus - Pdt. Suyono (Yogyakarta)

Markus 10:46-52 menceritakan tentang Yesus menyembuhkan Bartimeus. Pada saat peristiwa ini terjadi, Yesus sedang dalam perjalanan terakhirnya untuk menyelesaikan misi nya datang ke dunia. Dalam perjalanan yang sangat penting ini, Yesus dengan “terpaksa” menunda perjalanannya untuk melayani Bartimeus lebih dahulu. Yesus memberi perhatian kepada Bartimeus yang bukan siapa-siapa.

Ada tiga sikap hidup Bartimeus yang menyebabkan Yesus tertarik dan memberi perhatian kepadanya :

  1. ayat 47 menyatakan bagaimana Bartimeus menyebut Yesus sebagai “anak Daud.” Itu artinya Bartimeus mengenal Yesus dengan sebuah pengertian yang benar. Karena waktu Bartimeus menyatakan Yesus sebagai anak Daud, itu menunjuk kepada sebuah nubuatan tentang kedatangan Mesias Juruslamat dunia keturunan Daud. Sementara banyak orang hanya mengenal Yesus sebagai orang yang memenuhi kebutuhan mereka.
  2. ayat 48 menyatakan bagaimana Bartimeus tidak malu-malu dengan Tuhan, ngotot dengan Tuhan, terus maju sampai Tuhan menjawab dia. Sama seperti bagaimana Elia terus berdoa sampai awan sebesar kepalan tangan muncul. Bagaimana wanita yang sakit pendarahan selama 12 tahun terus maju ditengah-tengah kerumunan orang banyak sampai akhirnya dia menjamah jubah Yesus.
  3. ayat 50 menyatakan bagaimana Bartimeus menanggalkan jubahnya. Bartimeus menanggalkan identitas pribadinya dan mengenakan identitas Kristus dalam hidupnya. Bartimeus menanggalkan jubahnya padahal ia belum mengalami kesembuhan, ia telah beriman akan kesembuhan itu. Padahal jika ia tidak mengalami kesembuhan, ia akan kehilangan identitasnya.

Lewat sikap hidup Bartimeus ini mari kita membuat Yesus tertarik dengan hidup kita dan memberi perhatian lebih pada kita.

Tuhan memberkati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar